HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN INTERAKSI SOSIAL PADA REMAJA DI SMP NEGERI 02 PABELAN KABUPATEN SEMARANG

CHRYSTINA ERYANTI, EUNIKE and Saparwati, Mona and Lestari, Puji (2020) HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN INTERAKSI SOSIAL PADA REMAJA DI SMP NEGERI 02 PABELAN KABUPATEN SEMARANG. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
ARTIKEL PDF - Eunike Chrystina.pdf

Download (424kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN ARTIKEL PDF - Eunike Chrystina.pdf

Download (209kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL PDF - Eunike Chrystina.pdf

Download (214kB)
[img] Text
lampiran depan fix pdf - Eunike Chrystina.pdf

Download (730kB)
[img] Text
ABSTRAK PDF - Eunike Chrystina.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB I PDF - Eunike Chrystina.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB II PDF - Eunike Chrystina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
BAB III PDF - Eunike Chrystina.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB IV PDF - Eunike Chrystina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
BAB V PDF - Eunike Chrystina.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA PDF - Eunike Chrystina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
skripsi lengkap fik pdf - Eunike Chrystina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Remaja merupakan kelompok usia terbanyak yang mengalami permasalahan terhadap penggunaan game online. Permainan game online dapat memicu kecanduan bagi para pemain game online. Akibat bagi pecandu game online akan mengalami isolasi sosial, kehilangan kontrol atas waktu, mengalami kesulitan dalam hal akademis. Pemain game online menjadi terpisah dengan lingkungannya yang berakibatpada terganggunya interaksi sosial. Tujuan: Untuk mendapatkan gambaran tentang kelayakan Hubungan Kecanduan Game Online dengan Interaksi Sosial pada Remaja di SMPN 2 Pabelan Kabupaten Semarang yang akan dilakukan melalui analisis berbagai hasil penelitian terkait Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan meta analisis dengan merangkum berbagai hasil penelitian secara kuantitatif. Artikel yang dianalisis berjumlah 5 jurnal yang terdiri dari 4 jurnal indonesia dan 1 jurnal international. Hasil: Jurnal pertama menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecanduan bermain game online dan keterampilan sosial pada pemain game dewasa awal. Jurnal kedua menerangkan terdapat hubungan negatif signifikan antara kecanduan game online DoTA 2 terhadap penyesuaian sosial pada remaja. Hasil jurnal ketiga adalah penggunaan handphone sangat berpengaruh terhadap interaksi sosial remaja. Sedangkan jurnal ke-4 menghasilkan ada hubungan signifikant antara tingkat ketergantungan smartphone dengan interaksi sosial pada remaja. Jurnal ke-5 menyimpulkan ada hubungan kecanduan game mobile dengan depresi, kecemasan sosial dan kesepian. Simpulan: Kecanduan gameonline mengakibatkan interaksi sosial yang buruk pada remaja. Saran: Diharapkan bagi siswa terus meningkatkan interaksi sosial dengan mengikuti organisasi di sekolah. Pihak sekolah juga selalu mengingatkan siswa dan diberikan informasi tentang dampak negatif bermain game online.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords: game online, interaksi sosial, remaja
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas > S1 Keperawatan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 2
Date Deposited: 16 Nov 2020 03:12
Last Modified: 16 Nov 2020 03:12
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/1095

Actions (login required)

View Item View Item