PENGELOLAAN KEPERAWATAN GANGGUAN PERSEPSI SENSORI: HALUSINASI PENGLIHATAN DAN PENDENGARAN PADA Tn. G DENGAN SKIZOFRENIA DI WISMA ANTAREJA RUMAH SAKIT JIWA PROF. Dr. SOEROJO MAGELANG

APRILIA PUTRI, KARINA (2019) PENGELOLAAN KEPERAWATAN GANGGUAN PERSEPSI SENSORI: HALUSINASI PENGLIHATAN DAN PENDENGARAN PADA Tn. G DENGAN SKIZOFRENIA DI WISMA ANTAREJA RUMAH SAKIT JIWA PROF. Dr. SOEROJO MAGELANG. D3 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
KARYA TULIS ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
MANUSKRIP.pdf

Download (431kB)

Abstract

Skizofrenia merupakan gangguan jiwa yang ditandai dengan gangguan pikiran, bahasa persepsi dan sensasi mencakup pengalaman psikotik. Selain itu adapun gejala skizofrenia meliputi gejala positif dan negatif. Salah satu gejala skizofrenia pada distorsi fungsi normal yaitu halusinasi yang merupakan persepsi panca indera tanpa ada rangsangan stimulus eksternal yang dapat meliputi semua sistem panca indera yang terjadi pada saat individu dalam keadaan sadar penuh. Tujuan penulisan ini untuk menggambarkan Pengelolaan Keperawatan dengan Gangguan Persepsi Sensori Halusinasi Penglihatan dan Pendengaran pada Tn. G dengan Skizofrenia di RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang. Pengelolaan pasien dengan halusinasi dilakukan selama 4 hari yaitu pada hari Senin tanggal 21 sampai hari Kamis tanggal 24 Januari 2019. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metodologi keperawatan, diantaranya melalui pengkajian yang meliputi pemeriksaan fisik, observasi, pemeriksaan penunjang, penegakan diagnosa keperawatan, implementasi dan evalusai. Hasil pengelolaan didapatkan pasien mampu melakukan cara mengontrol halusinasi dengan cara menghardik dan 5 benar minum obat. Tindakan menghardik yang dilakukan yaitu dengan cara menolak apabila halusinasi itu datang, dan tindakan 5 benar minum obat dengan cara mengenal jenis obat, warna obat, obat yang diminum sesuai dengan nama pasien dan dosis yang harus diminum. Saran bagi perawat RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang diharapkan untuk meningkatkan asuhan keperawatan pada pasien gangguan jiwa khususnya halusinasi dengan prinsip komunikasi terapeutik.

Item Type: Thesis (D3)
Keywords: Skizofrenia, Persepsi Sensori, Halusinasi Penglihatan dan Pendengaran
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas > D3 Keperawatan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 2
Date Deposited: 13 Dec 2019 02:37
Last Modified: 13 Dec 2019 02:37
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/102

Actions (login required)

View Item View Item