PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN RELAKSASI AUTOGENIK PADA ANAK USIA SEKOLAH YANG DIRAWAT DIRUANG MELATI RSUD UNGARAN

Evi, Yunita Ameliasari (2018) PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN RELAKSASI AUTOGENIK PADA ANAK USIA SEKOLAH YANG DIRAWAT DIRUANG MELATI RSUD UNGARAN. S1 thesis, Universitas Ngudi Waluyo.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (317kB)
[img] Text
SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kecemasan adalah perasaan yang dialami oleh anak yang timbul akibat hospitalisasi, biasanya dimunculkan dengan anak menangis dan takut pada orang baru. Teknik relaksasi autogenik merupakan salah satu media yang dapat dilakukan perawat untuk menurunkan kecemasan.Tujuan penelitian untuk menganalisis perbedaan tingkat kecemasan sebelum dan sesudah diberikan relaksasi autogenik pada anak usia sekolah yang dirawat di Ruang Melati RSUD Ungaran. Jenis penelitian ini adalah preeksperimen dengan pre-post test dalam satu kelompok (One-Group Pre-test-posttest Design). Populasi adalah anak usia sekolah yang menjalani rawat inap di RSUD Ungaran, rata-rata perbulan sebanyak sebanyak 87 anak. Sampel 15 orang yang diambil secara accidental sampling. Alat pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner Zung Self-Rating Anxiety Scale (SAS/SRAS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kecemasan sebelum dan sesudah diberikan relaksasi autogenik autogenik pada anak usia sekolah di Ruang Melati RSUD Ungaran dengan uji wilcoxon diperoleh p value 0,001 < α (0,05). Perawat sebaiknya dapat mempraktekkan intervensi relaksasi autogenik sebagai salah satu intervensi keperawatan mandiri dalam mengurangi kecemasan anak yang mengalami hospitalisasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords: kecemasan anak usia sekolah, relaksasi autogenik
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Depositing User: UPT Perpustakaan UNW 4
Date Deposited: 29 Nov 2019 11:55
Last Modified: 29 Nov 2019 23:27
URI: http://repository2.unw.ac.id/id/eprint/1

Actions (login required)

View Item View Item